World Wide Web

WWW (World Wide Web) merupakan kumpulan informasi pada beberapa server komputer yang terhubung satu sama lain dalam jaringan Internet. Informasi dalam Web mempunyai link yang menghubungkan informasi yang satu dengan informasi yang lain dalam jaringan Internet. Link ini berupa tanda khusus yang biasanya dinyatakan dengan teks berwarna biru dan bertanda garis bawah/dalam bentuk icon maupun gambar yang dikelilingi kotak.

Untuk mengetahui apakah suatu teks/obyek merupakan suatu link, lihatlah perubahan pada petunjuk mouse. Jika petunjuk mouse berubah dari bentuk tanda panah menjadi gambar tangan yang sedang menunjuk, berarti teks/obyek tersebut merupakan suatu link yang menghubungkan Anda ke informasi lain dalam WWW.  Sistem yang dapat mengubungkan informasi melalui link disebut Hypertext. Dengan semakin berkembangnya WWW, istilah Hypertext kemudian berubah menjadi Hypermedia, di mana link penghubung antar informasi bukan lagi berupa suatu teks, tetapi bisa berupa suatu file multimedia, seperti gambar, suara/video.

Bekerja dengan Web mencakup bekerja dengan software Web Browser dan software Web Server. Keduanya bekerja seperti sistem client server dengan tugas sebagai berikut:Web browser sebagai client untuk menginterpretasikan dan melihat informasi Web. Web server sebagai server untuk menerima informasi yang diminta oleh browser. Untuk mengakses Web, Anda memerlukan suatu program yang disebut Web Browser.

Browser
Browser adalah suatu program yang dirancang untuk mengambil informasi dari suatu server komputer pada jaringan Internet. Informasi ini dikemas dalam page yang masing-masing memiliki beberapa link yang menghubungkan Web page ke sumber informasi lain. Jika suatu link diklik, browser akan melihat alamat dari tujuan link tersebut, kemudian mencari di Web server. Jika menemukan alamat dari tujuan link, browser akan menampilkan informasi yang ada. Jika tak menemukan alamat dari tujuan link, browser akan memberikan suatu pesan yang menyatakan bahwa alamat dari tujuan link tidak dapat ditemukan.

Ketika belum banyak komputer yang menggunakan program Windows, browser dibuat dengan berbasiskan teks, sedangkan untuk menyatakan link dapat dibuat barisan nomor yang mirip dengan suatu menu. Software ini dibuat untuk komputer yang menggunakan Unix. Setelah itu muncul browser Mosaic dari NCSA (National Center Supercomputing Applications) yang berbasiskan grafik dan mudah digunakan. Browser ini dipakai untuk komputer UNIX, NeXT, Windows dan Macintosh.

Sekitar tahun 1994, muncullah Netscape versi pertama menggantikan kepopuleran Mosaic sebagai Web browser. Sampai saat ini Netscape masih merupakan browser yang paling banyak digunakan untuk melakukan navigasi di Web. Kemudian salah satu perguruan tinggi terkenal di AS, yaitu MIT, membangun standar bagi teknologi Web yang disebut World Wide Web Consortium (W3C). Teknologi terakhir yang dikembangkan oleh Microsoft adalah Internet Explorer 3.0 yang mendukung HTML 3.2.

HTTP (Hypertext Transfer Protocol)
HTTP merupakan protokol yang menentukan Web browser dalam meminta/mengambil suatu dokumen, dan menentukan Web server dalam menyediakan dokumen yang diminta oleh Web browser. Ini adalah protokol standar yang dipakai untuk mengakses dokumen HTML. HTTP digunakan untuk menjelajahi Web yang berhubungan dengan banyak protokol lain.

URL
URL (Uniform Resource Locator) adalah suatu alamat yang dipakai untuk menentukan lokasi informasi pada Web server, karena alamat ini mengambil informasi yang diminta oleh browser. Format umum dari suatu URL adalah: protokol_transfer://nama_host/path/nama_file
Contoh: http://www.macromedia.com/shockzone/info/security.html
Yaitu berisi :protokol yang digunakan, nama server dari komputer yang dicari, jalur dari informasi yang dicari, nama file dari informasi yang dicari.

DNS (Domain Name System) Untuk mempermudah pengelolaan Web server dan Web browser pada komputer di Internet, komputer di Internet menggunakan suatu format penamaan yang disebut Domain Name System (DNS). DNS membagi domain menjadi beberapa tingkat yang merupakan kelompok komputer yang terhubung ke Internet. Nama domain beserta jenis organisasinya, antara lain:
•    com ---> untuk komersial
•    edu ---> untuk pendidikan
•    net ---> untuk provider Internet
•    id ---> untuk negara Indonesia
•    gov ---> untuk Lembaga Pemerintahan
•    int ---> untuk Organisasi International
•    mil ---> untuk Organisasi Militer
•    org ---> untuk Organisasi Umum

Web browser inilah yang disebut-sebut sebagai gerbang internet dengan kemampuan untuk menangani WWW (Web Wide World) dengan protokol HTTP (HyperText Transfer Protokol) yang merupakan protokol internet yang favorit saat ini selain FTP (File Transfer Protokol) dan POP2 sebuah protokol untuk email.


Web Server
Web server adalah suatu perangkat komputer berupa software yang digunakan untuk menjadi sebuah komputer menjadi server yang dapat menangani semua kegiatan yang berhubungan dengan protokol HTTP. Komputer yang dilengkapi oleh software ini akan dapat diakses oleh komputer lain menggunakan web browser dengan cara menuliskan nama server (host name) atau dengan menuliskan nomor IP dari komputer tersebut.

Setiap pembuatan aplikasi berbasis web akan membutuhkan web server untuk meletakkan aplikasi tersebut sehingga bisa diakses menggunakan protokol HTTP. Beberapa web-server yang saat ini banyak digunakan adalah:
  • Apache, web server gratis yang sangat mudah diperoleh. Awalnya apache ini berbasis UNIX, tetapi  saat ini apache sudah tersedia untuk sistem operasi Windows.
  • IIS (Internet Information System), web server keluar Microsoft yang banyak digunakan sebagai web server untuk aplikasi web dengan sistem operasi windows, dan bahasa pemrograman web ASP atau ASP.NET
Lihat Modul


0 Response to "World Wide Web"

Posting Komentar