Pengenalan HTML

HTML 

HTML kependekan dari Hyper Text Markup Language. Dokumen HTML adalah file teks murni yang dapat dibuat dengan teks editor. Dokumen ini dikenal sebagai web page. Dokumen HTML merupakan dokumen yang disajikan dalam web browser. Ada dua cara untuk membuat web page, denghan HTML editor atau editor text biasa (misal : notepad). Untuk latihan buku ini kita menggunakan Macromedia Dreamweaver. Sejak perkembangannya telah tersedia bermacam-macam level HTML, antara lain HTML 1.0; HTML 2.0; HTML 3.0; HTML 3.2; dan HTML Extension.

HTML 1.0
HTML level 1.0 adalah level pertama untuk HyperText Markup Language. Desainnya sederhana sekali, di antaranya heading, paragraph, hypertext, list dan format teks untuk tebal/ miring. Kelemahan HTML 1.0 adalah tidak ada fasilitas gambar, sehingga teks tak dapat diletakkan di sekeliling suatu image.

HTML 2.0
HTML level 2.0 mencakup semua fasilitas level 1.0 ditambah dengan fasilitas untuk membuat form. Form ini dipakai dalam Web page untuk meminta saran dari pembaca, dan kotak penyuntingan (edit box). Dengan HTML 2.0, WWW dapat menjadi suatu media informasi dua-arah antara pemilik Web dengan pemakai Web, bukan hanya sekedar sistem penampil informasi.

HTML 3.0
HTML level 3.0 sangat kompatibel dengan HTML level 2.0, tetapi disertai dengan beberapa fasilitas baru. Fasilitas baru tersebut antara lain penambahan fasilitas pembuatan tabel dan gambar dengan perintah FIGURE. Perintah FIGURE sendiri merupakan perkembangan dari perintah IMAGE.

HTML 3.2
HTML 3.2 merupakan pengganti dari HTML 3.0 dengan beberapa tambahan, seperti applet Java (teks yang dapat diletakkan di sekeliling gambar), superscript, subscript, perataan pada tabel, background gambar dan warna, fasilitas frame dan sytle sheet ( pemisah layout halaman dengan isinya).

Penamaan Dokumen
Dokumen HTML diberi nama sembarang kemudian diberi tambahan ekstensi ”.htm” atau ”.html”

Program Editor HTML
Untuk membuat dokumen HTML, sebaiknya Anda menggunakan program editor teks seperti Notepad, Sidekick, dan WS dalam format Non Document untuk aplikasi DOS. Program WYSIWYG, seperti Microsoft Word dan Word Perfect for Win, tidak dapat dipakai untuk membuat dokumen HTML, karena program ini dianggap sebagai dokumen biasa dan tidak dapat diterjemahkan oleh Browser. Program tambahan yang dipakai untuk menyunting HTML adalah Word Internet Assistant dan WordPerfect Internet Publisher.
Selain program editor teks, Anda bisa menggunakan program editor khusus untuk membuat HTML, antara lain program editor HTML berbasis teks dan WYSIWYG yang tidak memerlukan browser lagi.

Definisi Elemen
Dokumen HTML disusun elemen-elemen  atau komponen dasar pembentu HTML. Contoh dari elemen dokumen HTML adalah : head , body, table, paragraf, list.

Definisi Tag
Tag digunakan untuk menandai elemen dalam suatu dokumen HTML. Tag HTML terdiri atas sebuah sudut kiri (<, tanda lebih kecil), nama sebuah tag, dan sebuah tanda kurung sudut kanan (>, tanda lebih besar. Tag umumnya berpasangan, sebagai contoh <H1> Dengan </H1>. Secara umum suatu elemen dalam dokumen HTML yang dinyatakan dengan tagnya, dituliskan : <namatag> - </namatag>

Elemen HTML yang diperlukan
Tag HTML merupakan tag dasar yang mendefinisikan bahwa dokumen ini adalah dokumen HTML. Tag ini merupakan keharusan untuk membuat dokumen HTML.Tag <html> sebagai pembuka dokumen HTML dan tag </html> sebagai penutup dokumen HTML.
Elemen yang dibutuhkan untuk membuat suatu dokumen HTML dinyatakan dengan tag <html>,<head>, dan <body>.Setiap dokumen terdiri atas tag head dan body. Elemn Head berisi informasi tentang dokumen tersebut, dan elemen body berisi teks yang akan ditampilkan di browser.

Setiap dokumen html harus diwali dengan menuliskan tag <html> dan tag </html> di akhir dokumen. Tag ini menandai dokumen HTML yang berarti adalah dokumen HTML dalam satu dokumen hanya ada satu elemen html.
Section atau elemen head ditandai dengan tag <head> diawal dan tag </head> diakhir. Section ini beiris informasi tentang dokumen HTML, mislnya informasi judul html yang ditandai dengan tag <title>  dan diakhiri dengan tag </title>. Section body ditandai dengan tag <body> dan diakhiri dengan tag </body> diakhir. Section body merupakan isi dokumen yang akan ditampilakn pada browser.

Penggunaan Tag
•    Tag HTML diapit dengan dua karakter kurung bersudut, < dan >.
•    Tag HTML secara normal selalu berpasangan seperti <H!> dengan </H1>
•    Tag HTML tidak ‘case sensitive’, berarti <H1> dama dengan <h1>

Atribut Tag
Tag dapat mempunyai atribut. Atribut menyatakan sesuatu tentang tag tersebut. Atribut digunakan untuk mengubah default pemformatan dokumen dengan tag yang bersangkutan.
Tag berikut tidak mempunyai atribut : <body>. Tag <body> ini tidak menggunakan atribut, sehingga dokumen HTML ditampilkan dengan warna background sesuai dengan definisi warna background pada browser webnya. Umumnya berwarna putih.
Tag berikut mempunyai atribut : <body bgcolor=”red”>. Tag <body> ini mempunyai atribut bgcolor dengan nilai “red’. Sehingga background akan menampilkan warna merah.  Lihat Modul


0 Response to "Pengenalan HTML"

Posting Komentar